Minggu, 25 Maret 2012

Tugas dari mata Kuliah ISBD dari dosen Drs. Ana Maulana.M.Pd.

Soal!!!
1. Pengertian Globalisasi menurut para ahkli?
2. Dampak globalisasi terhadap kehalusan berbahasa khususnya di negara Indonesia?

Jawab
1. Pengertian Globalisasi menurut para ahkli.
a. A. G. McGrew
Globalisasi mengacu pada keserbaragaman hubungan dan saling keterkaitan antar masyarakat yang membentuk sistem dunia modern. Globalisasi adalah proses dimana berbagai peristiwa, keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain.
b. Malcom Waters
Globalisasi adalah sebuah proses sosial di mana halangan-halangan bersifat geografis pada tatanan sosial dan budaya semakin menyusut dan setiap orang kian sadar bahwa mereka semakin dekat satu sama lain.
c. Emmanuel Richter
Jaringan kerja globalisasi yang secara bersamaan manyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi dalam planet ini ke dalam ketergantungan dan persatuan dunia.
d. Thomas L. Friedman
Globlisasi memiliki dimensi ideology dan teknlogi. Dimensi teknologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi adalah teknologi informasi yang telah menyatukan dunia.
e. Princenton N. Lyman
Globalisasi adalah pertumbuhan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antara Negara-negara didunia dalam hal perdagangan dan keuangan.

2. Dampak Globalisasi terhadap kehalusan berbahasa Khususnya di negara kita Indonesia, dalam zaman golobalisasi ini banyak manusia atau masyarakat lebih mementingkan diri pribadi yang mengakibatkan kurangnya sosialisasi terhadap lingkungan karena mudahnya akses komunisasi seperti media elektronik dan media cetak. Terlihat dari semakin hari tingkah laku mereka yang semakin tidak karuan dari mulai cara berpakaian sudah mula kebarat-baratan dan cara hidup pun sama tertuma dari segi cara berturut kata yang semakin tidak dihiraukan. Contohnya seperti ke sesopan santunan dalam berbicara terhadap orang yang lebih dewasa, kebanyakan remaja sekarang begitu tidak menghormati orang yang lebih dewasa dengannya dan mengaganggap seperti orang-orang sebayanya, padahal remaja itu adalah tonggak kemajuan setiap negara jika begini mau dibawa kemana negara kita ini jika remaja penurus begini keadaanya.
memang secara langsung dampak positif dari globalisasi itu sangat terlihat bermanfaat untuk kesejahteraan semua tetapi dibalik semuanya pasti ada dampak negatif jadi kita selaku manusia yang hidup di zaman globalisasi ini setidaknya bisa mengpilter mana yang baik dan buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar